aytekin garden

aytekin garden

Rabu, 05 Agustus 2015

PENJUALAN PERTAMA DI EBAY ( My first selling on ebay )

Flu di tengah summer itu gak keren banget, tapi udah 3 hari ini saya terkapar di rumah karena pilek yang terus mengucur dari hidung dan batuk yang ogah berhenti info gak penting

Tadi pagi sekitar pukul 3am waktu Turki, saya kebangun karena ponsel berbunyi, ternyata ada email masuk dari paypal. Bangun tidur dapat payment di paypal rasanya pengen langsung buka laptop dan liat ebay.com
   Pasalnya baru jalan mau 10 hari jadi seller barang jualanku udah laku 7, memang sih baru jualan ecek ecek dan ordernya baru 1 hari 1, tapi seller baru loh, benar benar baru kenal ebay 3 bulan lalu sebagai buyer dan 10 hari lalu sebagai seller.

Kisah cintaku dengan ebay di mulai dari toko dekat rumahku kehabisan stock biji bunga bahasa Bogor-nya flower seeds 
Berhubung warga baru di Istanbul dan belum fasih bahasa Turki, cari alasan malas keluar rumah karena panasnya summer , akhirnya cari yang jual biji bunga di internet lalu ketemulah web ajaib ini yang menawarkan begitu banyak pilihan bibit bunga. Harganya jauh lebih murah dari harga di Turki, tetapi pengirimannya lama bisa 1 bulan lebih, karena seller ebay biasanya menawarkan freeshipping. Berhubung ibu ibu di tawari yang gratis pasti mau lah, langsung secara kalap beli banyak biji bunga dan biji tumbuhan lainnya.

Magic Bean seeds

Sayangnya tidak semua sampai, untuk pembelian di bawah 2$ saya tidak ambil pusing kalau tidak sampai, wajar saja karena freeshipping juga mungkin hilang di jalan atau bagaimana. Untuk pembelian diatas 2$ yang tidak sampai sebagai buyer baik hati saya tidak mau tinggalkan komentar negative tapi hubungi seller dan seller menawarkan refund atau dikirim ulang, saya pilih kirim ulang. Dan akhirnya semua sampai dengan selamat.
Untuk seeds yang sampai saya langsung tanam dengan metode hydroponics ( Hidroponik ) dan aquaponics ( Aquaponik ) ada juga yang pakai cara convensional hanya tanah nya saya ganti clay atau hydrogel, karena saya tanam di dalam rumah juga di balkon jadi biar tidak ada tanah tercecer karena orang Turki itu terkenal suka kebersihan, termasuk suami saya.

Setelah bunga bunga cantik itu bermekaran, teman-teman suami dan tetangga banyak yang suka akhirnya saya jadi jualan bunga dan banyak yang beli seeds nya juga karena harga kan jadi lebih murah.
Rare Rainbow Rose

Berawal dari situ akhirnya kepikiran untuk jualan di ebay.

Sedikit saya mau share tentang cara berjualan di ebay tanpa suspend tanpa banned ala seller baru seperti saya.
  1. Buat akun ebay, isi dengan data sebenarnya
  2. Buat akun paypal, isi dengan data sebenarnya, email ebay dan paypal usahakan sama
  3. Setelah buat 2 akun tersebut, verifikasi akun paypal dengan kartu kredit ( credit card ) karena kalau mau dipakai jualan tapi verifikasinya pakai vcc, siap siap kelabakan sendiri pas kena satpol PP ebay.
  4. Silahkan mulai lakukan transaksi, mau nge-bid ria ( tapi kalau sudah menang bid di bayar ya, kalau enggak siap-siap dapat surat cinta dari ebay ) atau langsung belanja. Saya pakai akun saya langsung setelah akun paypal selesai di buat (sebelum verifikasi) pakai nge-bid dulu, habis dapat kode verifikasi langsung belanja. Ada yang dapat kode verifikasi seminggu bahkan lebih, kalau saya hanya hitungan menit. caranya bagimana, nanti di post selanjutnya saya bahas.
  5. Kumpulkan FB (feedback) sebagai buyer, ini boleh di lakukan boleh juga tidak. Kalau saya karena memang awalnya akun ini untuk belanja jadi saya sudah punya feedback baru berjualan, itu pun karena dapat invitation dari ebay. Kalau mau kumpulkan feedback mudah kok, beli saja 5-15 barang di bawah 1$ yang kira kira bisa kita jual lagi kedepannya     
  6. Mulailah listing dengan harga yang murah, karena seller baru kan punya limit 10 listing atau 500 usd. Jadi mulailah dengan jual barang kecil kecil dan isi quantity untuk 1 listing 1-2 saja. karena kalau kita isi 10 maka listing kita habis. Meskipun jika terjual nanti kita bisa listing lagi. Tapi kalau saya, saya isi per listing 1-2 item, jadi kalau terjual buat listing baru atau relist.
  7. Jangan jualan yang tidak masuk akal, misalnya jual 100 bulk bonsai lokasi china, harga jual 0.5$  freeshipping, tapi kitanya lokasi di luar china. langsung di gondol satpol pp kalau begitu. Coba pakai harga yang pantas, tidak masalah freeshipping dan lokasi kita tidak sama dengan lokasi kirim. ( kemarin pas masukan harga jual ebay sudah menentukan min 0.99$ )
Segitu dulu ya, saya mau buat makan malam dulu. Semoga bermanfaat 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar